ETS . KALKULUS

 kurniad

20323006

Teknik Industri C1.23

DIGITECH UNIVERSITY


                 Kalkulus  dapat memecahkan  masalah  yang  tidak  dapat  dipecahkan  oleh cabang  ilmu  matematika  yang lain. Salah  satu  yang  dipelajari  dalam  kalkulus  adalah  limit.  Konsep  dari  limit  fungsi  ini  adalah  suatu  fungsi  hanya  mendekati  nilai tertentu,  tetapi  tidak  tepat  berada  pada  nilai  tersebut.

Limit fungsi merupakan induk dari kalkulus yang memiliki konsep suatu fungsi hanya  mendekati  nilai  tertentu,  tetapi  tidak  benar-benar  berada  pada  nilai  tersebut. Konsep  ini  banyak  digunakan  dalam  berbagai  bidang  kehidupan,  yaitu  pada  bidang teknik, ilmu pengetahuan, kesehatan, dan kehidupan bermasyarakat .Pada bidang teknik ,konsep limit fungsi digunakan untuk menghitung kecepatan.

Dalam bidang industri, limit fungsi digunakan dalam perencanaan dan pengendalian untuk berbagai keperluan, seperti perencanaan kapasitas produksi, perhitungan harga bahan baku, upah pekerja, dan dalam mencari keuntungan maksimum ditinjau dari biaya marginal serta menguji keselamatan kendaraan untuk menilai tingkat kerusakan dan keselamatan penumpang dalam insiden kecelakaan. Dengan memahami limit fungsi, perusahaan dapat mengoptimalkan penggunaan sumber daya, merencanakan produksi, dan mengurangi biaya produksi.

Limit fungsi adalah konsep matematika yang digunakan untuk menentukan perilaku suatu fungsi saat variabelnya mendekati suatu nilai tertentu. Limit merupakan batas nilai suatu fungsi f(x) untuk nilai x mendekati a dari kanan (a+ ) dan kiri (a- ), dapat dinotasikan:



Terdapat cara mencari nilai limit fungsi yang bisa dilakukan menggunakan 3 metode, yaitu metode substitusi, faktorisasi, dan mengalikan dengan faktor sekawan.


Bidang otomotif merupakan salah satu sektor industri yang kini menggunakan teknologi informasi untuk menciptakan produk unggulan. Dalam rangka meningkatkan poduktivitas dan penurunan biaya, industri otomotif menggunakan komputer untuk perancangan, produksi dan pemasaran.Industri merupakan kegiatan ekonomi dengan memproses atau mengolah bahan-bahan atau barang dengan menggunakan sarana dan peralatan, seperti mesin untuk menghasilkan barang atau jasa. Otomotif adalah ilmu yang mempelajari tentang alat-alat transportasi darat yang menggunakan mesin, terutama mobil dan sepeda motor. Otomotif mulai berkembang sebagai cabang ilmu seiring dengan diciptakannya mesin mobil. Industri otomotif yang merupakan salah satu industri pertama yang menggunakan robot yang di atur oleh komputer dalam produksinya. Dalam rangka meningkatkan produktivitas dan penurunan biaya, pelaku industri merasa perlu untuk mengganti pekerja dengan mesin yang diatur oleh komputer. Sejak saat itu, penggunaan teknologi informasi telah menyebar luas di semua bagian dari manufaktur mulai dari proses perancangan, produksi, sampai pemasaran.

Dalam bidang otomotif faktor keselamatan menjadi hal utama yang patut diperhatikan baik oleh konsumen maupun oleh produsennya. Diperlukan suatu piranti yang dapat meningkatkan faktor keselamatan bagi kendaraan maupun pengemudinya. Seiring dengan meningkatnya teknologi dibidang otomotif, desain mobil berkecepatan tinggi pun kian berkembang. Salah satu contohnya adalah pada mobil formula yang mempunyai karakteristik seperti single-seater, roda berjumlah empat yang berada diluar body mobil, dan diperuntukkan untuk lomba kecepatan.emikian, penerapan limit fungsi dalam perencanaan dan pengendalian di bidang industri dapat membantu meningkatkan efisiensi produksi, mengurangi biaya, dan meningkatkan keuntungan perusahaan.apa definisi limit fungsi dalam matematika

Analisis Kasus

Penerapan batas fungsi aljabar pada bidang industri khususnya industri otomotif digunakan untuk menilai tingkat kerusakan suatu mobil dan keselamatan penumpang pada suatu kecelakaan. Sebelum dipasarkan, mobil menjalani tes tabrak untuk mengevaluasi keselamatannya jika terjadi kecelakaan.

Pengujian dilakukan terhadap mobil yang melaju dengan kecepatan tertentu kemudian menabrak suatu penghalang. Kecepatan mobil pada saat tumbukan dihitung menggunakan batas fungsi aljabar. Kegunaannya yaitu untuk menentukan kecepatan maksimum suatu mobil agar dapat melaju tanpa menimbulkan kerugian bagi penumpangnya serta perusahaan jika terjadi kecelakaan.

Hasil pengujian ini digunakan untuk meningkatkan fitur keselamatan mobil dan memastikan memenuhi standar keselamatan. Selain itu agar dapat mengoptimalkan penggunaan sumber daya serta meningkatkan keuntungan bagi perusahaan.


Secara keseluruhan, penerapan konsep limit dalam bidang industri membantu mengoptimalkan proses produksi, menjamin efisiensi dan efektivitas yang tinggi, serta memperbaiki keputusan perencanaan dan keputusan hukum yang mempengaruhi keberhasilan dan kinerja perusahaan. Dengan memahami limit fungsi, perusahaan dapat mengoptimalkan penggunaan sumber daya, merencanakan produksi, dan mengurangi biaya produksi..

Penerapan limit fungsi aljabar juga dapat digunakan dalam bidang industri, khususnya industri otomotif. Uji keselamatan mobil ini digunakan untuk menilai tingkat kerusakan mobil dan keselamatan penumpang dalam insiden kecelakaan.




kelompok 4 : 1. Kurniad 20323006
                      2. Windy rahmaningsih 20323017
                      3. M esa mahrndra 20323044
                      4. Putri dewi oktaviani 20323008

REFRENSI
https://prin.or.id/index.php/JURRIMIPA/article/download/616/676/1732 
https://www.coursehero.com/file/pd598qt/23-Limit-Fungsi-Tak-Terhingga-1-2-Jika-pangkat-tertinggi-   fx-sama-dengan-pangkat/
https://id.scribd.com/document/362685852/Limit-Fungsi
https://scaleocean.com/blog/belajar-bisnis/contoh-kapasitas-produksi
https://dspace.uii.ac.id/bitstream/handle/123456789/2185/07.1%20lampiran%201.pdf?isAllowed=y&sequence=11

INSTAGRAM   @digitechuniversity 
                        @ti.digitech
                        @niad_30

Komentar

Postingan populer dari blog ini

ETS B.INGGRIS Kurniad