EAS KALKULUS "DIPERENSIAL FUNGSI ALJABAR

 Turunan atau Diferensial Fungsi Aljabar merupakan bentuk

lain yang berupa fungsi dari suatu fungsi terdahulu, secara umum didefinisikan sebagai limit perubahan fungsi terhadap perubahan variabel masukan ketika perubahan masukan mendekati nol.

Turunan fungsi atau juga bisa disebut dengan diferensial adalah fungsi lain dari suatu fungsi sebelumnya, contohnya fungsi f dijadikan f’ yang mempunyai nilai tidak memakai aturan dan hasil dari fungsi akan berubah sesuai dengan variabel yang dimasukan, atau secara umum suatu besaran yang berubah seiring perubahan besaran lainnya. Proses dalam menemukan turunan disebut sebagai diferensiasi. Lalu untuk pengertian turunan aljabar adalah perluasan dari materi limit fungsi.

Berikut rumus dari diferensial fungsi aljabar.

Analisis Ayat Al-Qur’an

Q.S Al-Hijr 15 :19

Artinya : Dan Kami telah menghamparkan bumi dan menjadikan padanya gunung-gunung dan Kami tumbuhkan padanya segala sesuatu menurut ukuran.

Meaning: And We have spread out the earth and made therein mountains, and We grow therein everything according to measure.

Konsep aljabar dapat kita temukan dalam banyak ayat Al-Qur’an ketika digali lebih dalam. Dimana konsep aljabar ini tidak terlepas dari beberapa komponen diantaranya yaitu bilangan dan operasi bilangan. Karena dalam Surat Al Hijr ayat 19 mengisyaratkan bahwa pentingnya mengetahui suatu bilangan. Ayat ini menerangkan tentang suatu ukuran yang secara tidak langsung dapat kita ketahui mempunyai kaitan dengan bilangan atau angka.

The concept of algebra can be found in many verses of the Qur’an when explored more deeply. Where the concept of algebra is inseparable from several components including numbers and number operations. Because in Surah Al Hijr verse 19 hints that the importance of knowing a number. This verse explains about a measure that we can indirectly know has to do with numbers or numbers.

Referensi


akupintar. turunan fungsi aljabar pengertian rumus aplikasi. 2023. Diakses pada 30 Januari 2024 dari https://akupintar.id/info-pintar/-/blogs/turunan-fungsi-aljabar-pengertian-rumus-aplikasi-contoh-soal



Gracia Carolina. Turunan Fungsi Aljabar. 2022. Diakses pada 30 Januari 2024 dari https://www.zenius.net/blog/turunan-fungsi-aljabar

Kelompok 4

Anggota Kelompok

Windy Rahmaningsih (20323017)

Kurniad (20323006)

Putri Dewi Oktaviani (20323008)

Muhammad Esa Mahendra (20323044)


@digitechuniversity.official

@ti.digitech

@niad_30



Komentar

Postingan populer dari blog ini

ETS . KALKULUS

ETS B.INGGRIS Kurniad